masih banyakkah kesalahan pandangan orang dalam melihat kajian ilmu tanah?

2012
09.10

Ilmu tanah adalah salah satu ilmu yang mengkaji mengenai tanah dari berbagai sisi penting. berbagai hal yang akan dikaji dalam ilmu ini adalah mengenai karakteristik tanah baik dari sifat fisik, kimia dan biologi tanah. Selain itu, bagian departemen ini juga mempelajari tentang pengolahan data hasil pencitraan satelit dan foto udara dalam mengelola sumberdaya lahan itu sendiri.

Hingga saat ini kajian ilmu tanah masih selalu berkembang. Di departemen ilmu tanah IPB sendiri terdapat 6 bagian yaitu bagian penginderaan jauh dan informasi spasial, bagian kimia dan kesuburan tanah,  bagian fisika dan konservasi tanah, bagian bioteknologi tanah, pengembangan sumberdaya fisik lahan, dan pengembangan wilayah.

Masing-masing bagian memiliki keunggulan masing-masing. semua bagian itu akan menunjang kemampuan lulusan dalam berbagai hal. Saat ini adalah masa-masa digembor-gemborkannya pertanian organik. Salah satu bagian dari ilmutanah memiliki peran yang sangat penting dalam menghasilkan produk pupuk-pupuk hayati. Dalam pembuatannya melibatkan penambahan bakteri dalam bahan pupuk yang akan membantu dalam memperbaiki kualitas tanah.

Bukan hanya itu, bagian lainnya juga tak kalah pentingnya, misalnya konservasi tanah dan air yang kian hari isu mengenai rendahnya kualitas air, kebanjiran, dan lain-lain masih terus terdengar. Semua terjadi karena banyak kebijakan-kebijakan yang dilakukan tanpa memperhatikan konsep konservasi dan manajemen atau tatakelola yang baik.

Sementara bagian kimia dan kesuburan akan banyak berkecimpung dalam analisis kandungan pupuk, analisis tanah, dan lain-lain. Tentu saja ini sangat bermanfaat mmengingat kebutuhan manusia akan pangan semakin meningkat yang tentunya juga memerlukan tanah yang subur dan berkualitas.

Ada yang suka dengan hal melihat dan menganalisis daerah dari jauh? Maka di sini pun ada bagian penginderaan jauh dan informasi spasial. Dalam bagian ini, mahasiswa akan dikenalkan mengenai peta, kontur, analisis lahan, indeks vegetasi dan lain-lain. manfaatnya? Sangat banyak, misalnya, indeks vegetasi akan sangat bermanfaat baik dalam bidang lingkungan, kehutanan, pertanian, atau pemukiman. masih ada beberapa bagian yang belum dijabarkan. Namun yang jelas, semua memiliki keunggulan masing-masing.

Comments are closed.